Oleh: ismailku | 28 Januari 2010

DKP Ciptakan Pakan Ternak Lokal

DEPOK – Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad bertekad akan menurunkan harga ikan yang semakin melambung dengan cara menurunkan harga pakan ternak.
Hal itu dapat dilakukan dengan tidak menggunakan pakan ternak impor dan berinovasi menciptakan pakan ternak lokal.

Fadel menjelaskan, Departemen Kelautan dan Perikanan menyiapkan anggaran hingga Rp5 miliar untuk membuat pakan ternak lokal menggantikan pakan ternak impor. Menurutnya, harga pakan ternak saat ini terlalu tinggi yaitu mencapai Rp12 ribu per kilogram melebihi harga ikan.

“Harapan saya harga pakan dapat mencapai Rp2 ribu per kilogram, maka ikan lele dan ikan nila bisa di bawah Rp10 ribu per kilogram, dan masyarakat kita bisa makan ikan lebih banyak, bagi yang tidak mampu makan daging,” katanya di sela–sela acara kunjungan ke Budidaya Ikan Hias Milik DKP di Pancoran Mas Depok, Rabu (27/01/10).

Pakan ternak tersebut, kata Fadel, diberi nama Serangga Bunga yang akan disebarkan dalam bentuk paket ke beberapa daerah. Bahannya, lanjut Fadel, terbuat dari bungkil kelapa sawit.

“Kita menyadari bahwa kita tidak bisa hindari globalisasi, kita harus berkompetisi baik nasional maupun internasional kita harus berusaha cari ide-ide inovatif supaya harga ikan bisa murah. Kami akan minta kepada perusahaan-perusahaan yang produksi kelapa sawit agar CSR mereka produksi yang sama dengan kami,” jelasnya.

Selanjutnya Departemen Kelautan dan Perikanan bahkan akan mengekspor pakan ternak tersebut sesuai dengan permintaan dari luar negeri. Program tersebut dilakukan DKP untuk melanjutkan program 100 hari Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II.
(ram)
sumber : Marieska Harya Virdhani - Okezone Rabu, 27 Januari 2010 - 13:42 wib


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori