Oleh: ismailku | 5 Agustus 2009

Ribuan Ikan Mati Mendadak

Ribuan Ikan di Areal Tambak Mati Mendadak
http://www.mediaindonesia.com
Selasa, 04 Agustus 2009 18:25 WIB

INDRAMAYU–MI: Ribuan ikan di sejumlah areal tambak di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, mati mendadak. Kematian ikan tersebut diduga disebabkan cuaca ekstrim.

Kematian ikan tambak jenis gurame dan mas itu antara lain terjadi di Desa Wanantara, Kecamatan Sindang. Ikan-ikan tersebut terlihat mengambang di permukaan tambak.

Seorang petambak di Blok/Desa Wanantara, Tayudin, 28, mengungkapkan ikan-ikan itu mulai mati sejak dua minggu lalu. Ikan-ikan tersebut rata-rata berumur lima bulan dan tinggal menunggu dipanen. “Bobotnya pun cukup besar yaitu minimal 250 gram,” katanya, Selasa (4/8).

Jumlah ikan gurame yang mati dalam satu kolam tambak berukuran 100 meter persegi (m2) mencapai 1.500 ekor. Sedangkan di kolam lainnya jumlah ikan gurame yang sudah mati mencapai 400 ekor. “Ikan-ikan itu tidak mati bersamaan. Tetapi setiap hari dan sedikit demi sedikit,” katanya.

Kematian ribuan ikan miliknya otomatis membuatnya merugi. Padahal harga ikan gurame yang biasa dipasok ke Jakarta saat ini tengah mengalami kenaikan. “Ini karena pasokan ikan dari Cirata dan Jatiluhur menurun, sehingga harga ikan asal Indramayu sedang naik,” katanya.

Saat ini harga ikan gurame naik dari Rp24 ribu menjadi Rp27 ribu per ekor. Sedangkan ikan mas naik dari Rp11 ribu menjadi Rp14 ribu per ekor. “Bahkan saat Ramadhan, harga itu bisa naik lagi,” kata Tayudin.

Sementara itu Ketua Persatuan Petambak Indramayu (PPTI) Nono Sudarsono mengaku telah menerima laporan tentang ribuan ikan yang mati di areal tambak. “Kematian ikan-ikan trsebut memang diakibatkan pengaruh cuaca ekstrim yang terjadi saat ini,” katanya.

Untuk mengatasinya, petambak harus mengurangi suplai air tawar ke areal tambak hingga 50%. Dengan demikian sinar matahari dapat mencapai dasar tambak dan mampu mengurangi suhu udara dingin di dalam tambak. (UL/OL-01)

peluang bisnis


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: