Oleh: ismailku | 27 Juli 2009

Hujan Kemarau Matikan Benih Ikan

Hujan Kemarau Matikan Benih Ikan

http://www.seputar-indonesia.com

Sunday, 26 July 2009

BANDUNG (SI) – Hujan deras yang turun di kawasan Bandung selatan pada musim kemarau mengakibatkan sebagian benih ikan di sentra pembenihan ikan mas di kawasan itu mati.

”Hujan deras dua hari lalu mematikan sebagian benih ikan yang siap panen,lumayan juga yang matinya cukup banyak,” kata Oom, 55, petani ikan di Ciparay, Kabupaten Bandung,kemarin. Menurut Oom,bila hujan deras ikan mas mati karena tertimpa jatuhan hujan.Sebagian mati karena perubahan suhu air yang drastis. Kematian ikan akibat tertimpa hujan deras itu bisa lebih dari 50%, sehingga mengakibatkan kerugian bagi para petani ikan.

“Saat hujan, ikan mas ukuran kecil dipastikan naik ke permukaan. Dan saat itulah tertimpa hujan sehingga mati,”ujarnya. Hal itu membuat kerugian petani berkali lipat pasalnya harga jual ikan mas kecil itu juga sedang turun hingga Rp5.000 per gelas (200 mm). Padahal, harga normalnya berkisar Rp7.500–8.000 per gelas. Penurunan harga jual benih ikan mas di tingkat petani itu terjadi menyusul adanya penurunan permintaan dari petani pendeder (pembibitan) di kawasan Mengger dan Bojongsoang, Kabupaten Bandung.

“Saat kemarau,banyak petani jaring apung di Waduk Cirata menurunkan produksinya, otomatis permintaan benih ikan turun,” kata Awa,45,petani ikan lainnya. Selain itu, penurunan permintaan benih ikan itu akibat semakin berkurangnya kolam pendederan di Kabupaten Bandung karena kembali difungsikan untuk tanaman padi atau sawah. Banyaknya petani jaring apung yang berhenti beroperasi di Waduk Saguling akibat kondisi air yang sudah tercemar juga mengakibatkanvolumepemasaranbenihikan mas asal Bandung selatan menurun.

“Saat ini produksi ikan mas praktis hanya di Waduk Cirata,sedangkan di Waduk Saguling digan-ti dengan ikan nila dan patin,”tambah Awa. (ant)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: