Oleh: ismailku | 22 Juli 2009

Budidaya Lele di Halaman Rumah

Budidaya Lele di Halaman Rumah

ingin melihara ikan tapi gak punya kolam ?
gak perlu bingung, bisa koq memanfaatkan pekarangan rumah, meski hanya sekedar halaman kecil.
yang sederhana tapi mengasyikkan, karena bisa langsung jadi duit adalah beternak lele di halaman / pekarangan rumah. moalnya cuman kemauan yang kuat, tekun dan sabar, gak lupa berdo’a an sering silaturahmi ke tetangga sambil nawarin ikan he he he…

Memanfaatkan pekarangan rumah dan mendapatkan penghasilan tambahan

Modal awal, kita buat 1 kolam ukuran kecil 2m x 3m, gali tanah sedalam 30an cm, tanah galian urug-kan ke sekitar pinggir calon kolam.
Selanjutnya yang perlu kita lakukan adalah membeli terpal plastik yang banyak dijual di toko, seharga 50 ribuan, ataupun yang lebih mahal juga bisa (harga beda-beda dan kondidional), tapi ini kualitasnya sudah cukup bagus. Pasang terpal plastik ke lubang kolam yang telah digali, kedalaman tanah 30 cm, tinggi permukaan tanah (dengan tanah urug sebelumnya) naik kan jadi 20-30 cm lebih tinggi dari tanah sekitarnya. Jadilah kolam kita yang berbiaya murah.
Isilah dengan air jernih, biarkan selama 2-3 malam (jangan langsung ditaburi benih). Beri tanam-tanaman air juga bagus, semisal teratai, ganggang air, kangkung, dsb.
Selanjutnya, tinggal beli benih ikan lele, dengan ukuran sebesar ibu jari orang dewasa, Coba isi kolam tadi dengan 300-400 ekor benih ikan lele. Beli pakan ikan (pelet) lembut, Sebulan mungkin menghabiskan sekitar 3-5 kg,
Sebagian di atas kolam dibuat atap pelindung, juga bagus. Sebagian terkena cahaya langsung matahari. Kalau ada sisa nasi makan malam/siang, masukkan saja ke kolam, biar nambah-nambah zat makanan. Air kondisikan alami seperti di rawa/sungai, perbanyak tanaman air. Kalau di awal-awal menabur benih, sebagian ikan mati, jangan panik, ambil saja, buang. 3-4 hari berikutnya ikan yang tersisa akan bertahan hidup normal.
Nah, tinggal menunggu sekitar 3 bulan, ikan sudah cukp besar untuk bisa dipanen, dijual dengan bersaing.
Bikin saja tulisan di depan rumah “JUAL IKAN LELE KONSUMSI, SEGAR, GURIH, BOLEH PILIH SENDIRI” Kalau tanah cukup luas, berarti bisa bikin 2-3 kolam lagi yang serupa. Pakai terpal plastik juga (hemat biaya pasir dan semen, serta ongkos tukang .

Memanfaatkan apa yang ada

Kolam dari Bis Beton
Pembuatan kolam sangat mudah dengan memanfaatkan Bis beton (yang sering digunakan untuk saluran air) yang ideal berdiameter 90 cm – 11- cm.Cara meletakkan Bis beton tidak sama pada peletakan bis beton untuk salauran air tetapi diletak menghadap atas bawah (tegak berdiri).
Kemudian yang dibawah dibuat saluran pembuangan dengan pralon dan lapisan dasarnya diberi dengan campuran semen sampai halus sehingga air tidak bocor.Khusus untuk saluran air dibuat dengan pralon dan dihubungkan dengan sambungan pralon bentuk T dan disambung lagi dengan pralon sesuai dengan ukuran pembuangan yang sudah menempel pada bis untuk mengatur kedalaman permukaan air.
Penebaran bibit ikan dilaksanakan setelah kolam yang sudah dibuat diatas benar-benar kering dan tidak bocor.Untuk air bisa diambilkan dari Sumur atau air lainya. Selain ikan lele bibit ikan yang tahan di kolam bisa juga ikan lain yang relatif tahan terhadap kualitas air yang kurang bagus seperti ini misalnya Ikan Nila atau Ikan Gurami, bisa juga ikan patin. Untuk jenis ikan lebih baik ukuran yang tidak terlalu kecil. Ikan yang sudah siap kurang lebih berukuran 2 jari atau 4 cm sampai 5 cm.untuk satu bis Beton diusahakan kedalaman 40 cm dan tidak terlalu padat, kalo lele sekitar 100 ekoran.
Dalam pemeliharaan kolam model ini cukup sederhana, dapat menggunakan makan berupa pelet yang terapung dan ditambah daun-daunan sepertti kangkung, daun ketela dll sesekali, bisa juga dengan limbah sisa makanan dapur (tapi jangan jorok, karena akan bau), dan jangan berlebihan.
masa masa awal adalah masa masa kritis, mungkin akan ada yang mati, tetapi setelah melewati masa kritis tersebut biasanya ikan akan stabil sampai panen. perawatan selanjutnya tidak terlalu sulit, sama saja dengan sistem yang tanam yang menggunakan terpal.
kalo ingin tau secara lebih teknis dan spesifik bisa baca di buku buku ternak lele yang banyak di jual, yang penting mah jangan hanya belajar tapi take action, ayo coba…….
tidak berhasil di awal mencoba bukan berarti gagal………
ingatlah selalu harapan itu masih ada


Responses

  1. salam..
    saat ini saya menjual CD cara budidaya ikan lele yang benar, hanya dengan harga 50 ribu/CD. jika ada yang berminat silahkan hub.saya di 081-911857815 atau email rozi679@gmail.com.

    terima kasih


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: